Batik Kudus Berpeluang Go Internasional
KUDUS – Peluang batik kudus untuk go internasional terbuka lebar. Namun untuk mewujudkannya masih membutuhkan waktu. Sebab, untuk memasarkan produk batik ke luar negeri membutuhkan beberapa tahapan yang tidak mudah, tinggal bagaimana perajin batik bisa eksis dan berinovasi mengembangkan produknya.
Desainer batik kudus, Yuli Astuti mengatakan, untuk go internasional produk batik kudus harus benar-benar berkualitas, mulai dari sumber daya manusianya, bahan baku serta motif dan desain yang diciptakan.
“Hal itu tidak mudah dan butuh kekonsistenan dalam mengembangkan produk batik, di sisi lain jam terbang perajin juga menjadi bahan pertimbangan,” kata Yuli yang juga Ketua Forum UMKM Kudus tersebut.
Untuk berekspansi ke luar negeri, lanjutnya, perajin juga dituntut memiliki link yang kuat agar produk tersebut bisa diterima dengan baik ke negara yang dituju.
“Ada beberapa perajin yang sudah kirim ke sejumlah negara tetangga, dan hasilnya cukup lumayan sebagai permulaan. Kedepannya diharapkan bisa terus meningkat,” terangnya.
Tiga Jalur
Mengenai kendala, Yuli mengaku sebenarnya tidak ada. Hanya, untuk memasarkan produk ke luar negeri ada beberapa jalur, salah satunya melalui jalur impor.
Tentunya perajin batik kudus harus mempelajarinya dan memiliki sertifikasi legalitas untuk memasarkan produk batik ke luar negeri.
“Kedua, jalur yang paling mudah adalah melalui bisnis online. Tentunya lebih terjangkau, hanya saja kuantitasnya terbatas,” jelasnya.
Namun ada jalur lainnya yang dinilai juga memberikan harapan bahwa produk batik kudus yakni melalui kegiatan pameran. “Dari situlah nantinya konsumen akan melihat lebih dekat bagaimana produk batik kudus tersebut dipasarkan, dan dari situ pula konsumen akan menilai dari kualitas batik tersebut,” tandasnya.
Sumber :
http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/batik-kudus-berpeluang-go-internasional/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar